GET /bidvertiser.dbm?pid=402229&bid=996612&RD=88&DIF=1&bd_ref_v=http%3A//valiant-techno.blogspot.com/&tref=1&win_name=null&docref=&jsrand=13065&js1loc=http%3A//valiant-techno.blogspot.com/ HTTP/1.1 Host: bdv.bidvertiser.com User-Agent: Mozilla/5.0 (Windows; U; Windows NT 5.1; en-US; rv:1.9.1.7) Gecko/20091221 Firefox/3.5.7 Accept: text/html,application/xhtml+xml,application/xml;q=0.9,*/*;q=0.8

Jumat, 25 Juni 2010

Contoh Pidato Sekolah | Dengan Ilmu Meraih Kemulian Lahir Batin

Bismillaahirrahmaanirraahiim

Assalaamu’alaikum warahmatullaahi wa barakaatuh

Yth. Rektor Universitas Sebelas Maret Surakarta selaku Ketua Senat,

Yang kami hormati, Semua Anggota Senat Universitas Sebelas Maret Surakarta,

Yang kami hormati, segenap staf pengajar di lingkungan Universitas Sebelas Maret Surakarta,

Yang kami muliakan, para tamu undangan,

Serta hadirin yang berbahagia.

Terlebih dahulu, marilah kita memanjatkan puji syukur ke hadirat Allah Tuhan Yang Maha Penyayang yang telah menganugerahkan berbagai kenikmatan kepada kita, terlihat dengan kesehatan, kesempatan, dan kebahagiaan yang kita rasakan hari ini. Tanpa kemurahan-Nya, mustahil semua ini dapat kita nikmati. Selanjutnya, perkenankan pada kesempatan yang berbahagia ini, kami memberi sambutan mewakili rekan-rekan wisudawan, baik Program Sarjana Strata 1 maupun Program Pascasarjana Strata 2.

Hadirin yang kami muliakan,

Mencari ilmu telah diwajibkan Tuhan kepada setiap manusia. Ini bertujuan agar manusia dapat membedakan dirinya dengan makhluk Tuhan lainnya. Manusia tidak hanya makhluk Tuhan yang berotak, tetapi juga berkemampuan untuk berpikir. Jika manusia tidak menggunakan otaknya untuk berpikir, berarti manusia telah menempatkan dirinya setingkat dengan makhluk Tuhan lainnya pula. Karenanya, untuk memotivasi manusia agar gemar menggunakan otaknya untuk berpikir, Tuhan berjanji akan meninggikan orang berilmu dengan beberapa derajat. Derajat di sini dapat diartikan sebagai kemuliaan lahiriah dan batiniah. Secara lahiriah, tidak ada seorang pun yang pandai atau berilmu tidak berkecukupan hidupnya. Secara batiniah, tidak ada seorang pun yang pandai atau berilmu tidak dimuliakan tetangga, kerabat, dan sejawat.

Cobalah hadirin perhatikan para guru besar, doktor, dan magister yang duduk di hadapan kita. Beliau tampak begitu bersahaja dalam ketenangan hati dan pikiran. Ini disebabkan beliau telah berkecukupan dalam segalanya. Kita pun pasti dapat menjadi seperti beliau-beliau itu. Karena itu, marilah kita tidak cepat berpuas diri dengan sedikit ilmu yang kita peroleh. Kita harus menjadikan ini sebagai modal agar dapat bermasa depan selayak beliau. Bagi alumni sarjana Strata 1, bersegeralah Anda untuk melanjutkan studi ke S2. Anda tidak perlu mencari perguruan tinggi lain. Universitas Sebelas Maret Surakarta telah menjadi World Class University. Berdasarkan hasil riset, kampus tercinta ini telah mencatatkan diri dalam peringkat 200 dunia. Lalu, masihkah ada kesangsian dengan kualitas kampus ini? Bagi alumni pascasarjana, bersegeralah untuk mendaftarkan diri ke program doktoral atau Strata 3. Kampus ini telah mempunyai 90an profesor dan 100an doktor. Kiranya itu sudah cukup sebagai gambaran bahwa Universitas Sebelas Maret Surakarta memang better than other.

Hadirin yang kami hormati,

Ilmu merupakan investasi paling menguntungkan pemiliknya. Ilmu akan memuliakan pemiliknya, baik di dunia maupun di akhirat. Hari ini, kita telah menjadi insan berilmu. Kita harus menyampaikan ilmu yang kita miliki dengan membangun semangat berbagi, baik kepada siswa, mahasiswa, maupun masyarakat. Marilah kita sampaikan pengetahuan ini dengan penuh ketulusan.

Namun, tanpa kita sadari, bahwa semua yang kita peroleh hari ini merupakan sebagian kebaikan yang diberikan para pengajar kita. Kita harus menjadi pribadi yang tahu balas budi. Hutang materi mudahlah dilunasi, hutang budi akan dibawa mati. Maka, pada kesempatan yang baik ini, perkenankan kami mewakili rekan-rekan wisudawan menyampaikan rasa terima kasih dengan setulus-tulusnya kepada:

1. Prof . Dr. Syamsulhadi, Sp.KJ selaku Rektor Universitas Sebelas Maret Surakarta yang telah berkenan untuk mewisuda kami. Bapak, terima kasih untuk semua kebaikan yang telah diberikan sehingga acara ini dalam terlaksana dengan lancar dan hikmat.

2. Prof. Drs. Suranto, M. Sc., Ph. D selaku Direktur Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta. Untuk Bapak, tiada kata terucap selain rasa terima kasih yang hanya dapat kami sampaikan kepada Bapak. Selama menimba ilmu di sini, kami telah dilayani rekan-rekan dengan sangat baik.

3. Para Pembantu Rektor, Dekan, Ketua Program dan Kepala UPT di lingkungan Universitas Sebelas Maret. Kami menyampaikan rasa terima kasih karena Bapak telah menjadikan lingkungan kondusif untuk belajar.

4. Orang tua kami, suami dan istri kami, anak-anak kami, serta sahabat dan kerabat kami. Ayah-ibu, terima kasih untuk semua didikanmu sehingga hari ini kami dapat menyelesaikan pendidikan. Tanpamu, mustahil semua ini dapat diraih. Meskipun kami belum dapat membalas semua kebaikanmu, engkau masih terus memberikan kebaikan dengan ikhlas tanpa berharap balas. Semoga Allah memberikan sorga-Nya untuk engkau.

Akhir kata, kami berharap jalinan komunikasi antaralumni tetap terjaga sehingga terjadi sinergisitas untuk membangun kampus tercinta, baik saat ini maupun waktu yang akan datang. Untuk semua kesalahan, kekhilafan, dan tutur kata yang tiada berkenan, kami mohon maaf. Terima kasih untuk semua perhatiannya, dan…

Wassalaamu’alaikum warahmatullaahi wabaraakaatuh.

Surakarta, 4 Maret 2010

Wakil wisudawan

Johan Wahyudi

(edukasi.kompasiana.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar